Saturday 27 July 2019

Gerindra Makin 'Pede' Gabung Koalisi, Klaim Tak Minta Kursi


INDONESIA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono menyebut partainya terbuka untuk bergabung dalam koalisi pemerintahan pada periode kedua pemerintahan Joko Widodo.

Keterbukaan ini kata Ferry terjadi sejak Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bertemu dengan Joko Widodo di stasiun MRT, serta pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di kediaman Mega yang berlokasi di Jalan Teunku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/7).

"Kemungkinan Partai Gerindra bergabung di pemerintahan. Jadi terbuka kemungkinan itu," kata Ferry di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7).

Meski begitu kata Ferry, bergabungnya Gerindra dalam koalisi pendukung pemerintahan Jokowi semuanya tergantung pada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Sebab, semuanya harus atas persetujuan Jokowi apakah memang Gerindra dibutuhkan mengawal pemerintahan dari dalam atau tidak.

"Itu juga sangat tergantung dari apakah Pak Jokowi sebagai presiden merasa bahwa beliau perlu untuk mengajak partai-partai di luar koalisinya, atau sejauh mana Pak Jokowi sebagai presiden kemudian bisa mau menyelesaikan masalah bersama sama," ucapnya.

Oleh karena itu Gerindra maupun Prabowo menolak keras jika pertemuan yang dilakukan Prabowo-Jokowi maupun Prabowo-Mega disangkutkan dengan jatah kursi menteri yang mungkin akan didapatkan oleh partainya.

Apalagi soal jatah kursi menteri ini menurut Ferry sepenuhnya adalah ranah dan hak presiden untuk memilih para pembantunya.

"Soal kursi soal menteri itu hak prerogatif. Jadi menurut saya harus dibedakan antara Pak Prabowo memberi masukan terhadap soal-soal yang lebih besar, soal kemandirian soal apa, dengan soal nitip menteri dan sebagainya. Saya rasa enggak," kata Ferry.

Yang jelas kata Ferry, Prabowo akan selalu siap membantu Jokowi jika memang diminta, sekalipun bukan terkait posisi menteri.

"Maka itu gerindra tidak akan minta jabatan, tapi Pak Prabowo akan membantu bila diperlukan," kata dia.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail